Internasional

Setelah Ardern

oleh Dougal McNeill

Begitu banyak yang telah terjadi dalam beberapa tahun terakhir – pandemi, pembantaian di Christchurch, bencana di Pulau Whakaari White, perjuangan keadilan di Ihumātao, Pemogokan Iklim, mobilisasi Black Lives Matter yang sangat besar di seluruh dunia, perang di Ukraina, perlawanan dan pemberontakan di Iran, penindasan di Hong Kong – mungkin sulit untuk melihat masa kini sebagai sebuah sejarah. Begitu banyak hal yang belum terjadi, di sini juga, yang sangat dibutuhkan: tindakan nyata terhadap perubahan iklim; solidaritas yang tulus terhadap para pekerja yang menganggur, dengan menindaklanjuti laporan Welfafre Expert Advisory Group, sebagai permulaan; mendanai sistem kesehatan dalam skala yang dapat memenuhi kebutuhan kita saat ini. Suasana hati di banyak tempat terasa lelah, pahit, dan, melalui pandemi, disorientasi dan terkadang membingungkan. Pengunduran diri Ardern terjadi di tengah-tengah semua kelelahan dan kepahitan ini. Bagaimana memahaminya?

Sosialisme, bagi tradisi kita, adalah sesuatu yang hanya dapat dibayangkan sebagai aktivitas mandiri dari orang-orang yang bekerja, emansipasi diri, kontrol kolektif dan demokratis yang membebaskan oleh para pekerja dan yang tertindas. Tidak ada orang lain yang dapat melakukannya atas nama anda, dan tidak ada yang dapat memberikannya kepada anda melalui beberapa trik yang cerdik. Visi itu menakutkan, dan tampaknya masih jauh dari kenyataan, dan menghadapi ketidakmampuan kekuatan kita untuk menghadapi kekuatan mereka yang berkuasa, dua jenis pemenuhan keinginan dapat menggoda ketika kita berpikir tentang politik elektoral.

Pertama, semacam pemenuhan harapan yang optimis, memproyeksikan keinginan kita kepada Partai Buruh dan para pemimpinnya. Jika saja mereka memiliki keberanian atas keyakinan mereka, mereka mungkin akan berhasil. Jika saja mereka memiliki keberanian untuk menggunakan suara mayoritas mereka untuk membuat perubahan nyata, mungkin akan ada warisan yang tahan lama. Mungkin sekarang, tentu saja… Ardern layak untuk dipercaya. Dia, Robertson, Little, Hipkins, Davis: tidak ada pemimpin senior di Partai Buruh yang pernah menyatakan komitmen apa pun terhadap jenis reformisme transformasional sayap kiri, perjuangan kelas yang diharapkan oleh banyak pendukung mereka. Pemerintahan Partai Buruh, di sini dan di luar negeri, memiliki sejarah lebih dari seratus tahun yang lalu dalam mengecewakan basis pemilih mereka dengan memerintah demi kepentingan kapitalisme karena mereka mengandalkan dukungan serikat pekerja dan buruh untuk terpilih. Perasaan tanpa arah yang melanda Partai Buruh dalam beberapa bulan terakhir ini bukanlah sebuah penyimpangan, tetapi, dalam banyak hal, merupakan kembalinya ke keadaan normal setelah masa-masa penguncian yang tidak biasa dan manajemen krisis yang (terkadang inspiratif).

Pengunduran diri Ardern dan naiknya Hipkins, maka, seharusnya tidak dilihat sebagai perubahan yang terlalu besar. Mereka memiliki kesinambungan politik yang mendalam. Kedisiplinan dan persatuan kaukus Partai Buruh selama akhir pekan mencerminkan hal itu.

Jenis lain dari pemenuhan harapan adalah gambaran cermin pesimis dari proyeksi ini. Ini adalah ketika kaum sosialis, karena kita tahu bahwa kita harus melampaui Partai Buruh menuju politik kelas pekerja yang sesungguhnya, mengumumkan bahwa tidak ada lagi perbedaan yang nyata di antara partai-partai besar, atau bahwa pemerintah tidak memberikan reformasi untuk rakyat pekerja, atau bahwa semuanya adalah pertunjukan sampingan.

Fakta-fakta tidak mendukung hal ini. Di bawah Ardern dan Buruh, aborsi telah keluar dari Undang-Undang Kriminal; undang-undang kesetaraan gaji telah disahkan untuk pekerja; undang-undang Perjanjian Pembayaran yang Adil memberikan lebih banyak ruang bagi serikat pekerja; Otoritas Kesehatan Māori yang baru telah dibentuk; perubahan pada pencatatan kelahiran, kematian, dan pernikahan yang mengakui orang-orang trans dengan lebih baik; kenaikan upah minimum telah nyata dan secara substansial lebih baik daripada kebijakan Partai Nasional; Matariki telah dijadikan hari libur nasional, dan yang paling penting dari semua ini, Strategi Eliminasi COVID dari 2020 hingga 2021 telah menyelamatkan ribuan nyawa. Semua itu merupakan reformasi. Tentu saja semua ini tidak cukup; semua itu diperjuangkan oleh gerakan dan serikat pekerja kita untuk meningkatkan dan memenangkan lebih banyak lagi; semua itu masih sedang diperjuangkan. Namun lima tahun terakhir juga telah memberikan kepercayaan diri yang lebih besar kepada kami. Lihatlah peningkatan jumlah pemogokan, dan peningkatan keanggotaan serikat. Lihatlah kemenangan-kemenangan, meskipun masih bersifat sementara, di sektor swasta, di mana serikat pekerja kita paling lemah. Tidak heran jika kelas penguasa sangat ingin melihat Partai Nasional kembali berkuasa, dan mendukung mereka dengan begitu banyak uang.

Semua itu berperan ketika orang-orang menanggapi pengunduran diri Ardern, dan semua itu juga berperan ketika orang-orang mengekspresikan kesedihan atau kekecewaan. Jika kita frustrasi dan marah karena keterbatasan visi dan program pemerintah, itu adalah kemarahan dan frustrasi yang berbeda dengan kemarahan dan frustrasi yang mendorong permusuhan terhadap Ardern yang memiliki jangkauan sosial yang nyata saat ini. Mereka yang merayakan pengunduran dirinya – termasuk dengan cara yang paling misoginis – merayakan apa yang mereka lihat sebagai pukulan terhadap warisan terbaiknya, bukan yang terburuk. Naluri sayap kiri sekarang harus mempercayai solidaritas daripada apa yang tampak seperti sikap kritis yang sebenarnya mendemoralisasi dan mendemobilisasi.

Misogini sebagai bahan bakar untuk rasa frustrasi dan kemarahan itu adalah arus yang mengalir melalui pusaran sayap kanan anti-vaksin, konspiratif, dan rasis yang baru saja mendapatkan kepercayaan diri. Ardern selalu menghadapi seksisme yang paling mengerikan sejak awal. Saya biasa meringis saat lockdown saat mendengarkan setelah konferensi pers jam 1 siang ketika Ardern, begitu jelas menguasai detail dan jelas merupakan politisi yang sangat cerdas dan sangat terampil yang beroperasi tak tergoyahkan dalam lingkungan yang paling menegangkan, digurui dan digiring oleh jurnalis laki-laki yang jelas-jelas inferior intelektualnya. Duncan Garner dan Mike Hosking, dengan cara yang paling kekanak-kanakan, akan mencoba dan mendapatkan ‘kenaikan pangkat’ dari Perdana Menteri dengan pertanyaan yang paling konyol dan sok penting, Garner pernah bertanya apakah dia akan mendapatkan saran dari John Key selama pandemi. Syukurlah tidak: bayangkan konsekuensinya bagi kesehatan dan kehidupan kita.

Namun, ketika gerakan anti-vaksin tumbuh, dan terhubung dengan dengan kekuatan sayap kanan secara global dan dengan seksisme dan rasisme dari ketidakjelasan dalam yang disebut serangan membabi buta terhadap program Three Waters, penghinaan ‘arus utama’ terhadap Ardern menemukan gema dalam misogini yang lebih kejam. Tina Ngata, Alison Mau, Michelle Duff dan Anusha Bradley semuanya telah menulis penting tentang derasnya ancaman, penghinaan, pelecehan, dan ancaman yang ditujukan kepada Ardern. Saya mengenali sebagian besar dari hal ini dalam tanda-tanda yang saya lihat dibawa selama protes anti-pemerintah pada bulan Agustus.

Misogini adalah salah satu kebencian yang memperkuat ultra-kanan secara global. Telah didokumentasikan dengan baik bahwa politisi perempuan mengalami pelecehan yang lebih buruk dibandingkan laki-laki. Apa yang sedang terjadi sekarang juga merupakan sesuatu yang eksplosif, tidak pasti, kacau. Hal ini mengekspresikan dirinya secara global dalam bentuk transfobia dan permusuhan terhadap hak-hak reproduksi, dan merupakan cara untuk mempersulit pekerja dan rakyat tertindas untuk berorganisasi, merasa percaya diri untuk membangun secara demokratis, dan mempertahankan hak-hak kita sendiri.

Maka, penting untuk memikirkan tahun-tahun terakhir ini, siapa yang telah mengenali dan mengakui kebencian dan misogini yang diderita Ardern (dan banyak orang lain), dan mereka yang telah mencoba meminimalkan, atau menormalkan pelecehan ini. Salah satu cara kita lebih percaya diri dalam mengorganisir beberapa tahun terakhir ini adalah dalam perjuangan untuk mendapatkan pengakuan, mulai dari hak-hak aborsi hingga perlawanan trans. Itu adalah perjuangan kelas, antara lain, dan setiap orang yang disebut sebagai teman perjuangan buruh yang mendorong kita untuk menjauhkan tuntutan kelas dari apa yang disebut sebagai politik menunjukkan, paling tidak, ketidaktahuan tentang bagaimana kelas bekerja dan ketidakpedulian yang mengejutkan terhadap kebigotan yang saat ini sedang diorganisir, dan yang terburuk, sebuah kolaborasi dengan para bigot. .

Apa selanjutnya? Andrea Vance dari media Stuff, dalam beberapa jam setelah pernyataan Ardern, mengumumkan bahwa Ardern dan Grant Robertson baru saja mengakui kekalahan atas Partai Nasional dalam pemilihan. Ini adalah angan-angan dan bukan analisis. Ardern, yang telah memposisikan dirinya selama pandemi sebagai orang yang bertindak hampir di luar politik, mungkin telah menemukan lebih sedikit ruang untuk bergerak dalam pemilu yang dipaksakan dalam kondisi yang sulit dan penuh kekecewaan. ‘Kebaikan’ bergema dengan tumpul di masa inflasi tinggi dan krisis biaya hidup. Pada tahun 1993, Paul Keating di Australia, yang sangat tidak populer, memimpin pemerintahan yang tampaknya kelelahan dan menghadapi oposisi pro-bisnis sayap kanan yang terbuka, dinyatakan sebagai pecundang yang tak terelakkan oleh hampir semua komentator. Dia menang melalui kampanye yang tak henti-hentinya menyerang kelemahan lawan-lawan konservatifnya dan pemutusan hubungan dengan kalangan atas: “sobat, saya ingin melakukannya secara perlahan”. Hipkins, yang tidak memiliki karisma atau keagungan seperti Ardern, tampaknya, dari pernyataan pertamanya sebagai Pemimpin Partai Buruh, memposisikan dirinya untuk pertarungan yang sama. Dia bisa, dengan adanya perusahaan Christopher Luxon yang penuh dengan kebohongan, melakukannya.

Dari sisi kita, tugas yang sama tetaplah penting. Tekanan selalu datang, dan semakin meningkat semakin lama Partai Buruh berada di pemerintahan, untuk memangkas tuntutan, meredam ekspektasi, menahan diri, tetap diam, meninggalkan solidaritas yang lebih sulit, seandainya perpecahan menghasilkan kemenangan Partai Nasional. Ini akan menjadi hal terburuk yang bisa kita lakukan. Buruk dalam jangka pendek, karena semakin banyak buruh yang patah semangat dan kecewa, semakin besar pula peluang kemenangan Partai Nasional. Jadi, pemogokan untuk memenangkan dan mempertahankan kenaikan upah riil, kampanye untuk mendorong lebih jauh untuk aksi iklim, tuntutan untuk hak-hak tanah suku Māori dan banyak lagi, dan setiap perjuangan solidaritas lainnya tetap penting. Meninggalkan itu, dalam jangka panjang, akan menjadi lebih buruk lagi karena melalui perjuangan-perjuangan ini, dan dengan kekuatan dan pelajaran yang kita ambil dari mereka, kekuatan-kekuatan dapat ditempa untuk membangun alternatif sosialis yang nyata dari Partai Buruh sekarang dan hari esok yang tepat. Tugas itu tetap sama mendesaknya seperti sebelumnya.

Naskah diambil dari website iso.org.nz dapat diakses melalui After Arden dimuat pada 23 Januari 2023. Diterjemahkan oleh Hayamuddin, anggota Resistance.

Loading

Print Friendly, PDF & Email

Comment here

%d blogger menyukai ini: