Arah Juang

Arah Juang diterbitkan oleh Perserikatan Sosialis. Perserikatan Sosialis adalah organisasi politik sosialis. Perjuangan Perserikatan Sosialis bertujuan untuk menggulingkan tatanan kapitalisme secara revolusioner dan membangun tatanan sosialisme. Oleh karena itu, organisasi ini berdasarkan kepeloporan revolusioner.

Aksi

May Day di Makassar

May Day MakassarPeringatan Hari Buruh Sedunia yang jatuh pada 1 mei, merupakan sejarah panjang perjuangan klas buru  merobohkan tirani perbudakan modern di bawah kekuasaan politik kapitalisme. Peringatan Hari Buruh Sedunia tidak hanya diselenggarakan hanya satu negara saja, akan tetapi, seluruh dunia memperingati hari bersejarah kaum buruh ini, menyerukan persatuan kaum buruh sedunia tanpa batas tanpa penindasan.

Di Indonesia, berbagai daerah juga memperingati hari buruh sedunia termasuk kaum buruh makassar yang tergabung dalam aliansi “Solidaritas Aksi Masyarakat untuk Rakyat Indonesia (SAMURAI)” yang didalamnya bukan hanya organisasi serikat buruh, akan tetapi, terdapat pula organisasi-organisasi gerakan mahasiswa dan kaum miskin kota terlibat langsung memperingati may day. Organisasi-organisasi yang tergabung dalam SAMURAI untuk May Day seperti; GSBN-SGBN, SPN, SMI, FMK-Makassar, SRIKANDI-FMK, KPO-PRP, PRP, SP ANGIN MAMIRI, FOSIS UMI, FPEN, PMII RAYON HUKUM UMI, PEMBEBASAN, FMD-SGMK, GMPA, PERHIMPUNAN MERDEKA, YLBHM, SJPM, KIPAS, LBH Makassar, PKPM.

Peringatan Hari Buruh Sedunia yang dihadiri ribuan massa buruh,dan  mahasiswa melakukan konvoi dari pintu dua Kawasan Industri Makassar (KIMA) menuju Taman Makam Pahlawan bergabung dengan massa buruh yang juga tergabung dalam aliansi SAMURAI. Sekitar pukul 10:30 WITA, massa aksi melanjutkan aksi konvoi ke monumen mandala kota makassar sambil berorasi menyampaikan tuntutan kaum buruh.  Sekitar pukul 11: 00 WITA massa aksi kembali konvoi setelah dari monumen mandala menuju ke titik aksi fly over makassar. Dalam konvoi, massa aksi berhenti di beberapa toko-toko, alfa mart, yang masih mempekerjakan buruh di hari peringatan kaum buruh yang sudah di liburkan (dibebas tugaskan dari pekerjaan), serta memaksa toko-toko seperti alf mart untuk segera menutup tokonya dan memulangkan semua pekerja-nya.

Setelah sampai di fly over makassar, massa aksi sontak melakukan penutupan pintu jalan tol reformasi, dan membakar patung yang menggambar kepala Jokowi dan Obama (presiden AS) sebagai simbol kerja sama rezim Jokowi dengan Negara-negara imperialis dalam menindas kaum buruh, dan merampok sumber kekayaan alam indonesia. Namun, upaya massa buruh untuk membakar patung berkepala Jokowi dan Obama di cekal oleh aparat kemanan.

Issu sentral dalam peringatan hari buruh sedunia di makassar, yaitu; “Tolak Liberalisasi, Bangun Persatuan Buruh dan Wujudkan Demokrasi Sejati” dan isu turunan yang juga disampaikan dalam aksi kaum buruh dimakassar seperti; Cabut PP 78 Tahun 2015 Tentang Pengupahan, Tolak BPJS, Berikan Perlindungan Terhadap Buruh Migran, Berikan Perlindungan Terhadap Buruh Perempuan, Tolak UU No. 12 /2012, Wujudkan Pendidikan Gratis, Feminis, Ekonomis, Demokratis, Ilmiah, & Bervisi Kerakyatan, Wujudkan K3 Bagi Seluruh Pekerja Makassar, Distribusi Kekayaan Nasional, Bangun Industri Nasional & Nasionalisasi Aset Vital Dibawah Kontrol Rakyat, Stop Perampasan Tanah Rakyat, Bebaskan 26 Kawan-Kawan Aktivis, Stop Kriminalisasi Gerakan Rakyat, Tarik Militer Dari Tanah Papua & Hentikan Pelanggaran HAM, dan Hapus Sistem Kerja Kontrak/Outsorcing.

Massa aksi setelah membacakan pernyataan sikap, kemudian membubarkan diri sekitar pukul 15:00 wita dan langsung melakukan evaluasi aksi-aksi yang telah berjalan.

 1,221 total views,  2 views today

Comment here

%d blogger menyukai ini: