Kasus FujiSeat: Tabur Karawang Akan Galang Gerakan Boikot Daihatsu

Fujiseat

Sejak Aksi buruh memblokir gerbang PT. Fuji Seat Indonesia di Kawasan Industri KIIC Karawang berakhir ricuh karena polisi menembakkan peluru gas air mata dan melukai 2 orang buruh, perlawanan masih berlanjut. Tim Advokasi Buruh (TABUR) Karawang bersama Kontras Jakarta telah mengadukan kasus ini ke propam Mabes Polri pada 25 September lalu. Keesokan harinya, 26 September, mereka juga sempat menggelar konferensi pers di kantor Kontras terkait kekerasan yang dialami buruh ini.

Di Karawang sendiri, TABUR Karawang telah melakukan aksi dan menekan Ketua DPRD Karawang untuk memanggil Pimpinan Manajemen perusahaan untuk hadir dalam rapat kerja. Bahkan Setiyadi, salah satu korban yang terluka, mendesak DPRD Karawang untuk membentuk PANSUS dalam menginvestigasi insiden itu.

Namun korban merasa itu belum cukup. Sebagai bentuk perlawanan atas arogansi Manajemen PT. Fuji Seat, TABUR Karawang akan menggalang solidaritas di berbagai kota. “Kita akan menyasar PT. Daihatsu sebagai target aksi kita”, ungkap Setiyadi. Diketahui bahwa PT. Fujiseat merupakan produsen kursi (jok mobil) untuk produksi mobil PT. Daihatsu, termasuk mobil murah yang sedang dipromosikan pemerintah, yakni mobil Ayla.

PT. Daihatsu dinilai juga punya tanggung jawab karena bekerja sama dengan PT. Fujiseat yang tidak menghormati hak buruh dalam berserikat dan melanggar perjanjian bersama terkait dengan buruh kontrak yang seharusnya diangkat menjadi buruh permanen. “Kita akan desak Daihatsu untuk ikut menekan Fujiseat perihal ini. Kalau Fujiseat tidak mau, Daihatsu harus memutus kerjasama mereka. Atau kalau Daihatsu tidak mau, kami akan galang pemboikotan terhadap Daihatsu”, demikian pungkas Setiyadi yang telah bertahun-tahun bekerja di perusahaan yang tergolong besar ini.

Gerakan boikot produk memang sedang menjadi variasi dari bentuk perlawanan buruh hari ini. Setelah gerakan boikot sari roti beberapa waktu lalu, gerakan boikot produk dari perusahaan-perusahaan nakal lainnya sedang dilirik kaum buruh. Walau tidak menjawab seluruh persoalan, gerakan ini oleh beberapa organisasi dinilai mampu memberi tekanan yang efektif pada perusahaan.

Setiyadi menambahkan bahwa beberapa daerah seperti Jakarta, Makasar, Semarang dan Surabaya sudah dikabarkan siap untuk melakukan aksi serentak di PT. Daihatsu dalam minggu-minggu ini. (kbr)

Sumber foto: Alihussein Albatani, Facebook

 1,453 total views,  1 views today

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment