Mahasiswa Universitas Mulawarman Menuntut Gratiskan UKT

Samarinda- Pada hari Rabu (08/07/2020), Aliansi Unmul Gawat Darurat (UGD) melakukan aksi massa di depan gerbang Universitas Mulawarman (UNMUL) Jalan M. Yamin.

Aksi dengan tema “Membangun Gerakan Menuju Pendidikan Gratis, ilmiah, Demokratis dan Kerakyatan” merupakan aksi yang mengkritik gerakan sektarian BEM KM UNMUL dan memprotes kebijakan rektor UNMUL.

Aksi massa yang diikuti 25 orang Massa aksi tergabung dari berbagai fakultas dimulai Pukul 11.00 WITA, dengan melakukan long march dari titik kumpul Lapangan Bola Jalan Kasturi menuju titik aksi depan gerbang UNMUL. Sepanjang melakukan long march, massa aksi menyanyikan lagu-lagu perjuangan sambil membentangkan spanduk-spanduk tuntutan. Sampai di titik aksi, massa aksi menutup setengah jalan masuk di gerbang UNMUL dengan membentang spanduk tuntutan dan membakar ban.

Aksi ini merupakan bentuk protes menolak SK Rektor Nomor 910/KU/2020 terkait pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang harus dibayarkan dalam situasi pandemi Covid-19. Aksi diisi dengan orasi bergantian dari massa aksi dan membagikan selebaran pada pengguna jalan.

“..Kami sangat menyayangkan kebijakan rektor Universitas Mulawarman, yang tidak memanusiakan manusia. Dalam situasi pandemi, rektor mengikuti kebijakan MENDIKBUD dan tidak berpihak pada kepentingan mahasiswa. Dalam SK Rektor Nomor 910/KU/2020, terdapat diskriminasi dalam skema penggratisan UKT untuk mahasiswa semester akhir dan mahasiswa semester lainnya. Kami meminta Solidaritas Mahasiswa untuk melawan bersama,” ucap alfons dalam orasinya sebagai perwakilan mahasiswa Fakultas Pertanian.

Aksi berakhir pukul 13.23 WITA dengan membacakan tuntutan dan pekikan “Hidup Rakyat!”

Tuntutan:

1. Tolak SK Rektor Nomor 910/KU/2020

2. Gratiskan UKT di Masa Pandemi

3. Transparansi data anggaran keuangan Universitas Mulawarman 2019/2020

4. Hentikan intimidasi terhadap gerakan mahasiswa

5. Tolak pemotongan upah maupun PHK pekerja pendidikan mulai dari dosen, administrasi, satpam, dan pekerja kebersihan. Berikan upah dan jaminan kerja layak untuk pekerja pendidikan Unversitas Mulawarman. (erk)

 133 total views,  1 views today

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment