Merespon Hari Solidaritas Global untuk Venezuela, Beberapa Organisasi Menggelar Aksi di Tugu Yogyakarta

Senin sore, 18 Maret 2019, belasan orang dari beberapa organisasi menggelar aksi di kawasan Tugu Yogyakarta. Aksi ini merupakan respon terhadap Hari Solidaritas Global untuk Venezuela, di mana Venezuela saat ini sedang menghadapi upaya kudeta yang dilakukan oleh imperialis Amerika Serikat beserta sekutu-sekutunya. Aksi ini juga serentak dilakukan di beberapa wilayah di Indonesia.

Dalam aksi di Yogyakarta, aliansi membawa spanduk berwarna kuning dan bertuliskan “Hari Solidaritas Global untuk Venezuela, Hentikan Intervensi Imperialis Amerika Serikat, Pertahankan Revolusi Bolivaria”. Selain itu, beberapa poster bertuliskan “Tolak Kudeta, Intervensi Amerika dan Invasi Militernya! Sosialisme Sebagai Jalan Sejati Pembebasan Venezuela” juga dibentangkan oleh Lingkar Studi Sosialis (LSS).

Orasi-orasi politik juga disampaikan dalam aksi tersebut, mereka menentang keras upaya kudeta Amerika Serikat dan menghendaki agar Venezuela memperoleh kedaulatannya dalam bernegara. Intervensi Amerika Serikat beserta sekutu-sekutunya bukanlah hal baru. Dalam satu dekade terakhir, rakyat Iraq, Palestina, Afghanistan, Libya, Yaman, Republik Demokratik Kongo dan Suriah telah menderita dan menjadi saksi kebiadaban intervensi Amerika Serikat. Bahkan Indonesia juga tak luput dari kejahatan Amerika Serikat yang memakan jutaan korban jiwa pada 1960an.

Dalam momen Hari Solidaritas Global untuk Venezuela ini, mereka menyatakan:

  1. Menentang intervensi imperialis Amerika Serikat di Venezuela
  2. Menuntut agar Amerika Serikat segera menghentikan blokade dan perang ekonomi di Venezuela
  3. Menyerukan kepada media massa Indonesia agar tidak turut menyebarkan berita bohong (fake news) yang dipropagandakan secara massif dan sistematis oleh korporasi media massa imperialis
  4. Mendukung rakyat Venezuela yang bertaahan melawan intervensi AS dan sabotase oposisi kanan
  5. Mendesak Pemerintahan RI agar berposisi menolak intervensi AS di Venezuela, dan mendukung Pemerintahan Maduro untuk mengatasi krisis politik secara dempkratis dan beradab

Mengajak rakyat Indonesia untuk peduli dan bersolidaritas terhadap perjuangan rakyat Venezuela melawan intervensi imperialisme AS dan sekutunya. (bd)

217 total views, 4 views today

Share this post:

Recent Posts

Ayo Berlangganan Koran Arah Juang

Leave a Comment