Notulensi Debat Capres Putaran II 15 Juni 2014

Debat Capres Prabowo vs JokowiModerator : Selamat malam selamat datang dalam debat pilpres 2014, debat kali ini adalah debat yang kedua dari 5 debat yang diselenggarakan oleh KPU. Topik debat malam ini mengenai pembangunan ekonomi dan kesejahteraan sosial, saya Ahmad Ereani Yustika moderator debat malam ini. Selanjutnya langsung saja kita undang calon presiden nomor urut 1 bapak H. Prabowo Subianto dan calon presiden nomor urut 2 bapak Ir. H. Joko widodo. (pasangan capres menaiki panggung)

Saya kira cukup, marilah kita semua berdiri untuk menyanyikan lagu indonesia raya (menyanyikan lagu indonesia raya). Calon presiden dan hadirin sekalian dimohon duduk kembali. sebelum kita mulai debat malam ini kita saksikan aturan debat yang ditetapkan oleh komisi pemilihan umum.

Debat malam ini terbagi dalam 6 bagian, pada bagian pertama moderator mempersilahkan kedua calon presiden menyampaikan visi dan misinya masing-masing dalam waktu 4,5 menit. Moderator akan mempertajam visi dan misi setiap capres pada bagian ke dua, pada bagian ke tiga moderator akan melayangkan pertanyaan yang sama pada kedua kandidat untuk dijawab dalam waktu maksimal 3 menit masing-masing calon presiden diberikan kesempatan 3 kali untuk saling bertanya pada bagian ke empat, sementara pada bagian ke lima kedua calon Presiden diberikan kesempatan untuk bertanya sekaligus menaggapi jawaban, semua calon presiden akan menyampaikan pernyataan penutup dalam waktu 3 menit pada bagian akhir.

Itulah aturan main debat kali ini, namun ada aturan tambahan, pertama untuk menjaga ketertiban dan konsentrasi kandidat kami mohon agar tepuk tangan hadirin sekalian hanya dilakukan setelah kandidat selesai berbicara, yang kedua urutan berbicara dilakukan bergantian setiap debat. Pada debat pertama yang digelar pekan lalu kandidat nomor 1 mendapat kesempatan pertama, pada debat kali ini sesuai aturan debat KPU kami persilahkan kandidat nomor urut 2 bapak Joko Widodo untuk yang pertama kali menyampaikan visi dan misi terkait pembangunan ekonomi dan kesejahteraan sosial waktunya 4,5 menit dimulai dari sekarang.

Jokowi : Baiklah, assalamualaikum wr.wb. Selamat malam salam sejahtera bagi kita semua hom swastiastu, yang saya hormati bapak Prabowo Subianto, yang saya hormati moderator ibu bapak sekalian sodara-sodara sebangsa dan setanah air, saya berdiri di sini karena saya saat bertemu ibu Lili tukang cuci dari Manado Sulawesi Utara, saya bertemu pak Abdulah nelayan dari Sumatra Utara, serta saat saya ke Banyumas saya bertemu ibu Satinah buruh tani yang setiap hari bekerja di sawah, dan saya juga bertemu pak Azad seorang guru di Jawa Barat, dan jutaan orang yang ada di negara ini yang menitipkan pesan menitipkan harapan-harapan pada kami untuk membangun sebuah ekonomi yang lebih baik ekonomi Indonesia yang lebih baik, bagi saya ekonomi ditujukan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat itulah ekonomi yang berdikari, pembangunan ekonomi menurut kami kedepan yang pertama dilakukan adalah pembangunan manusianya terlebih dahulu, lewat apa? Lewat pendidikan, pendidikan yang seperti apa? Revolusi mental harus kita lakukan.

Kemudian yang kedua adalah bidang kesehatan dengan kartu Indonesia sehat seperti ini lah yang harus kita kerjakan kemudian dengan kecerdaan dengan kartu Indonesia pintar seperti ini karena dengan manusia itulah kita akan mempunyai sebuah manusia-manusia yang produktif itu, produktifitas kita akan meningkat dan kalo produktifitas kita sudah meningkat kita kan mempunyai sebuah daya saing karena produkifitas akan memunculkan sebuah daya saing, yang kedua yaitu masalah perumbuhan ekonomi yang di ikuti dengan pemerataan, percuma pertumbuhan ekonomi baik kalo pemerataan itu tidak ada oleh sebab itu pemerataan akan menjadi sebuah perhatian bagi kami berdua Jokowi dan JK. Pembangunan seperti apa yang ingin kita lakukan?, pembangunan koperasi, pembangunan UMKM, pembangunan pasar tradisional, pembagunan ekonomi pertanian dan ekonomi maritim serta industrinya dan juga pembangunan yang dimulai dari daerah pembangunan yang dimulai dari desa dan infrastruktur. Inilah yang kami maksud jalan kebaikan yang akan membuat rakyat semakin sejahtera yang akan membuat ekonomi kita kokoh dan berdaya saing tinggi sehingga ekonommi Indonesia disebut ekonomi yang berdikari, terimakasih.

Moderator : Terima kasih pak Joko Widodo, kini kami berikan kesempatan kepada pak Prabowo Subianto untuk menyampaikan visi dan misinya, waktunya sama 4,5 menit dimulai dari sekarang.

Prabowo : Terima kasih, bismilah hirahman nirahim asslamualaikum wr.wb. Salam sejahtera bagi kita semua insyaalah, hom swastiastu. Sodara moderator, sodara Joko Widodo calon Presiden nomor urut 2, hari ini kita membahas pembangunan ekonomi dan kesejahteraan manusia, kita mengerti tujuan kita bernegara adalah untuk mencapai kemakmuran kita bersama, masalahnya adalah bagaimana mencapai itu, banyak program indah, bagus, kita harus begini kita harus begitu kita harus membangun ini membangun itu pendidikan gratis kesehatan gratis dan sebagainya, masalahnya dari mana uangnya? Darimana sumberdaya untuk kita pakai untuk kita tumbuhkan kesejahteraan itu, sodara-sodara sekalian pada tanggal 7 September setahun yang lalu ketua KPK kita menyatakan bahwa kebocoran dan kehilangan kekayaan Negara dari Republik Indonesia dalam setahun adalah 7.200 triliun, satu tahun.

Tim pakar kami menggunakan angka 1.000 triliun yang hilang, 1.000 triliun saja sudah fantastis sudah luar biasa besarnya, disinilah rencana kami Prabowo Subianto-Hatta Rajasa manakala kami menerima mandat dari rakyat Indonesia ini sasaran kami, kami ingin menutup kebocoran 1.000 triliun itu, kami ingin menghemat, kami ingin memangkas, dan kami ingin mengalirkan yang 1.000 triliun bocor kita alirkan untuk membangun ekonomi kerakyatan, ekonomi untuk rakyat Indonesia bukan rakyat untuk ekonomi, kita ingin sekarang mengalirkan dana bukan dari desa ke kota ke ibukota tapi dibalik dari ibukota turun ke desa, saya telah menandatangani deklarasi bahwa amanat kalo saya menerima mandat dari rakyat saya akan alokasikan 1 miliar rupiah minimal satu tahun untuk tiap desa dan kelurahan di seluruh indonesia, kita akan alirkan dana dar ibukota turun ke rakyat indonesia, kami akan dalam 5 tahun meminimalkan korupsi dari APBD dan APBN, kami akan menaikan penghasilan rata-rata rakyat indonesia 2,5 kali lipat dari sekarang 3 juta/bulan menjadi 6 juta/bulan di ujung 5 tahun kami. Kami akan menambah sawa 2 juta Hektar, kami akan menambah 2 juta hektar untuk bio etanol kami akan membangun 3.000 KM jalan raya 4.000 KM kereta api 8 pelabuhan kami akan membuat bank tani dan nelayan dan bank koprasi dan lembaga tabung haji, sodara-sodara dananya ada uangnya ada tinggal kemaun kita berani atau tidak kita kerja keras berani atau tidak kita pangkas kebocoran berani atau tidak kita berantas korupsi.

Itu tekad Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan seluruh koalisi merah putih kami akan bekerja keras sekeras-kerasnya untuk melakukan itu sehingga pengahsilan bangsa Indonesia akan naik sehingga kita akan menjadi negara kuat kita akan menjadi negara terhormat karena justru kita negara yang menguasai kekayaan kita sendiri kekayaan negara Indonesia harus untuk rakyat Indonesia dan kita tidak bleh kita biarkan bocor terus atau mengalir keluar negeri, itulah tekad kami itulah keyakinan kami, kami yakin manakala kami menerima mandat kami akan mencapai tujuan itu. Terima kasih wassalamualaikum wr..wb.

Moderator : Terimakasih pak Prabowo, dan disesi berikutnya kami akan membedah visi misi yang baru disampaikan kedua calon Presiden tetaplah bersama kami di depat Capres 2014

Sesi 2 Penajaman Visi dan Misi

Moderator : Ini adalah sesi penajam visi dan misi, pertanyaan pertama adalah kepada Capres nomor urut 1 Pak Prabowo Subianto. Pak Prabowo tadi pada paparan anda kurang lebih bisa dikatakan bahwa induk dari platform ekonomi kedepan adalah ekonomi kerakyatan, saya rasa masyarakat menginginkan penjelasan yang lebih detail pertama mengapa harus ekonomi kerakyatan dan bagaimana kebijakan yang akan dibuat untuk mewujudkan ekonomi kerakyatan tersebut, yang kedua investasi indonesia hari ini didominasi oleh investasi penanaman modal asing padahal didalam konstitusi ada pelaku ekonomi yang lain seperti koperasi, BUMN, dan swasta. Bagaiman strategi dan kebijakan investasi yang anda tawarkan sesuai dengan konteks ekonomi kerakyatan. Waktu anda 3 menit dimulai dari sekarang.

Prabowo : Terimakasih sodara moderator ekonomi kerakyaan tidak lain adalah ekonomi jalan tengah ekonom yang kita daftarkan pada pasal 33 UUD1945, yaitu bahwa ekonomi kita harus berasaskan kekeluargaan kemudian bahwa sumber-sumber ekonomi yamg menguasai hajat hidup orang banyak harus dikuasai oleh pemerintah jadi konsepnya intinya adalah ekonomi harus ditujukan pada penguatan dan pemberdayaan kekuatan rakyat tidak hanya pertumbuhan kita juga harus menjamin kondisi keselamatan dan perlindungan terhadap golongan masyarakat yang tertinggal yang kurang bisa mengikkuti persaingan adad 21 ini bedanya dengan kita sistem ekonomi barat atau neoliberal bahwa bapak pemerintah kadang-kadang hanya sebagai wasit, dikita tidak bahwa pemerintah harus turun tangan harus jadi pelopor tidak membiarkan kemiskinan tidak membiarkan orang yang lemah harus bersaing dengan yang kuat.

Kemudian iklim investasi atau kebijakan investasi kami terbuka kami mendukung investasi asing tapi tentunya tidak boleh mematikan ekonomi rakyat, harus kita perkuat koprasi harus kita perkuat usaha kecil dan menengah dan untuk itu kita harus mengalirkan dana yang lebih yang masif yang tidak tangung-tanggung untuk memperkuat ekonomi rakyat ini adalah strategi kita dan ini sudah dirintis oleh pemerintah dan sedikit dengan banyak program dengan KUR dengan PNPM dengan juga dana bergulir, sebagaiman contoh dana bergulir yang sampai sekarang 5 triliun bisa menghidupkan 12 juta orang bayangkan kalo kita tingkatkan 4 kali lipat 20 triliun tidak hanya 5 triliun berarti 48 juta rakyat kita bisa dapat penghidupan jadi kami tidak anti investasi asing silahkan masuk ke Indonesia bawa uang jangan masuk Indonesia pake uang Indonesia itu bukan investasi asing namanya, itu akan memakai pasar Indonesia silahkan masuk bawa uang silahkan anda jadi kaya dari Indonesia kita tidak keberatan tapi intinya ekonomi untuk rakyat.

Moderator : Terima kasih wakunya habis. Terimakasih Pak Prabowo, selanjutnya pertanyaan kami berikan pada Capres nomor urut 2 Pak Joko Widodo. Tadi bapak sudah menyampaikan visi mengenai ekonomi berdikari saya rasa masyarakat juga membutuhkan penjelasan yang lebih detail mengenai hal itu, pertama mengapa Indonesia harus berdikari dibidang ekonomi dan bagai mana kebijakan akan dibuat untuk mewujudkan ekonomi berdikari tersebut? Kedua dalam konteks ekonomi berdikari bagaimana sikap anda tentang utang pemerintah dimana dalam beberapa tahun terakhir realisasi penerimaan pajak selalu lebih rendah dari target? Waktu anda 3 menit dimulai dari sekarang.

Jokowi : Terimakasih, pembangunan pasar tradisional pembangunan ruang-ruang untuk PKL saya kira saya sudah menjalani itu dan membuktikan itu, pengalam saya membangun pasar waktu menjadi Walikota, pengalaman saya membangun pasar waktu menjadi Gubernur saya kira menjadi pengalaman yang sudah dibuktikan bahwa yang kecil-kecil ini harus diurus PKL, pedagang pasar karena apa pasar tradisional adalah tempat produk petani itu dijual tempat produk hasil tangkapan nelayan itu dijual tempat pengrajin tempe tahu itu menjual hasil kerajinannya ada di pasar tradisional kalo yang kecil-kecil ini diurus dengan baik dengan menejemen lapangan yang bener bukan hanya akan dan bukan hanya sebuah rencana bukan hanya sebuah wacana awang-awang tetapi sudah dibuktikan, karena mereka ini membutuhkan bukti bahwa kita ini melakukan untuk mereka.

Jadi kalo itu diberikan kepada pedagang pasar mereka diberi tempat yang baik pasar harus bersih, pasar tidah boleh becek pasar harus ada tempat parkir pasar harus diberikan zoneing-zoneing zoneing basah zoneing kering zoneing buah zoneing sayur saya kira produk-produk petani akan terus mendapatkan penghargaan dan mereka akan memiliki nilai tambah yang baik karena bisa menjual langsung ke konsumen lewat pedagang dipasar, PKL juga sama PKL ini ekonomi mikro kita ekonomi kecil kita tapi hampir tidak ada planing yang memberikan ruang pada PKL untuk berjualan oleh sebab itu dimana-mana mereka selalu terusir dalam rencana kedepan semua kota harus memberikan ruang sebesar-besarnya untuk PKL artinya space untuk PKL harus diberikan. Kemudian mengenai ekonomi yang berkaitan dengan hutang ini bisa kita selesaikan secara bertahap asal ada efisiensi di APBN asal penyimpangan dan kebocoran di APBN ini bisa dikurangi terus dengan cara apa? Membangun sistem seperti yang sudah saya sampaikan pakai E-budgeting E-audit pakai E-progresif itu bisa menyelesaikan persoalan sehingga anggaran yang ada di APBN bisa efisien dan ada sisa, sisa itulah yang akan kita gunakan untuk membayar hutang-hutang yang ada, saya kira itu yang bisa saya sampaikan.

Moderator : Terimakasih pak Joko Widodo. Itu tadi pertanyaan penajaman visi dan misi dan akan kita lanjutkan pada sesi berikutnya

Sesi 3

Moderator : Kembali saya sampaikan bahwa urutan penyampaian pertanyaan kepada Calon Presiden adalah sesuai peraturan dari KPU, pertanyaan pertama untuk bapak Joko Widodo. Kemiskinan dan penganguran menjadi salah satu problem serius di Indonesia hari ini padahal di dalam konstitisi ada amanat bagi Pemerintah untuk menciptakan pekerjaan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan, pertanyaanya dalam hal kemiskinan anggaran dan program kemiskinan saat ini sangat besar namun pengurangan kemiskinan relatif kecil apa yang salah dengan hal itu dan bagaimana program anda kedepan?. Kedua dalam hal ketenaga kerjaan bagaimana strategi dan sikap anda mengenai kebijakan pencipaan lapangan pekerjaan dan pengupahan?. Waktu anda 3 menit dimulai dari sekarang.

Jokowi : Terimakasih, untuk masalah kemiskinan memang harus kita berani memberikan program kusus bagi masyarakat yang kurang beruntung tapi bukan hanya disiapkan anggarannya saja yang paling penting menurut saya adalah sistemnya yang dibangun, sistemnya dulu yang dibanguan oleh sebab itu kenapa waktu menjadi Walikota dan menjadi Gubernur kami selalu berkonsentrasi selau di bidang pendidikan dan kesehatan karena apa? Dibawah keluhannya selalu itu, oleh sebab itu kedepan tadi sudah saya sampaikan akan kita berikan yang namanya kartu indonesia indonesia pintar seperti ini untuk masyarakat anak-anak dari masyarakat yang kurang mampu akan kita berikan ini, ini sistem yang dibangun bukan menyiapkan anggaran saja dan yang kedua akan kita berikan juga kartu Indonesia sehat seperti ini yang diberikan kepada keluarga tidak mampu sehingga mereka bisa ke klinik bisa ke puskesmas bisa ke rumah sakit saya kira dukungan-dukungan seperti inilah sistem seperti inilah yang diperlukan rakyat bukan menganggarkan karena menganggarkan lariyna bisa kemana-mana tapi kalo sistemnya yang dibangun itu akan memberikan jaminan bahwa anggaranya itu akan sampai pada masyarakat.

Kemudian yang berikutnya mengenai ketenagakerjaan investasi sangat penting bagi negara ini, menurut saya kedepan semua investasi harus didorong ke daerah-daerah ke provinsi-provinsi terutama yang tingkat kemiskinannya besar harus didorong kesana jangan sampai investasi itu hanya berkisar di Jawa dan Sumatra tetapi harus didorong ke wilayah-wilayah yang masih terjadi ketimpangan-ketimpangan juga infrastrukturnya harus disipakan harus didorong ke daerah-daerah ke provinsi-provinsi yang tingkat kemiskinannya besar dengan cara itu yang ada di daerah tidak menuju kota dengan cara itu yang miskin yang ada di daerah juga akan mendapatkan lapangan peerjaan. Mengenai upah saya kira juga sudah saya buktikan waktu menjadi gubernur di jakarta saya sebagai orang pertama gubernur pertama yang berani menaikan upah 44% naiknya saat itu UMP kita, dan saya banyak diprotes oleh kalangan pengusaha dan saya sampaikan kenapa diberikan kenaikan itu karena sudah 5 tahun tidak mengalami kenaikan yang signifikan. Terimakasih.

Moderator : Terimakasih pak Jokowi, selanjutnya untuk pak Prabowo Subianto saya akan mengulangi pertanyaannya pak. Kemiskinan dan penganguran menjadi salah satu problem serius di indonesia hari ini padahal di dalam konstitisi ada amanat bagi pemerintah untuk menciptakan pekerjaan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan, pertanyaanya dalam hal kemiskinan anggaran dan program kemiskinan saat ini sangat besar namun pengurangan kemiskinan relatif kecil apa yang salah dengan hal itu dan bagaimana program anda kedepan?. Kedua dalam hal ketenagakerjaan bagaimana strategi dan sikap anda mengenai kebijakan pencipaan lapangan pekerjaan dan pengupahan?. Waktu anda 3 menit dimulai dari sekarang.

Prabowo : Terimakasih, jadi kemiskinan dan penganguran ini adalah strategi dan sasaran dari pembangunan ekonomi kami, strategi kami mengandalkan atau memfokuskan pembangunan ekonomi pada sektor pertanian dahulu, kenapa pertanian karena pertanian bisa menyerap tenaga kerja yang banyak dalam waktu yang singkat kemudian pertanian bisa menghasilkan dalam waktu yang singkat pula seperti contoh beras padi bisa dihasilkan dalam waktu kurang 100 hari demikian juga jagung 120hari kemudian kita juga punya benih benih yang unggul lainnya yang kurang dari satu tahun bisa banyak menghasilkan uang dan penghasilan, jadi strategi kami pertama adalah disektor pertanian ini bisa banyak sekali menyerap banyak sekali lapangan kerja ukurannya sekarang satu hektar bisa menyerap 6 orang tenaga kerja dari hulu sampai hilir, di Sulawesi Utara satu hektar kadang kadang bisa 12 orang bekerja, bayangkan sekarang kita masih punya 77 juta hektar hutan yang sudah rusak dan kerusakan hutan tambah terus.

Strategi kami adalah sebagian hutan yang rusak tersebut kita rubah menjadi lahan produksi jadi sawah baru kami merencanakan 2 juta hektar sawah baru 2 juta hektar sawah baru + 2 juta hektar untuk bio etanol kita bisa bayangkan 4 juta hektar X 6 orang bekerja iu adalah 24 juta orang bekerja dalam 5 tahun itu jawaban kami terhadap masalah kemiskinan orang yang idak punya apa apa tiba tiba punya penghasilan dan penghasilannya juga tidak sedikit karena sasaran kita adalah tanaman yang bisa dapat harga yang baik, selanjutnya tenaga kerja kita dengan dorongan ekonomi yang akan tumbuh pesat dan tinggi ini juga akan mengurangi penganguran dan juga upah dengan sendirinya akan kita naikan karena kita dapat kelebihan uang masalahnya adalah sekarang Indonesia harus meningkatkan produktifitasnya kita tidak bisa hanya kerja sedikit sedikit kita harus berfikir besar berkeinginan besar untuk kita mencapai hasil hasil yang besar terimakasih.

Moderator : Terimakasih Pak Prabowo. Baik selanjutnya pertanyaan kedua untuk bapak Prabowo Subianto. Salah satu permasalahan Indonesia saat in adalah pertumbuhan penduduk yang dinilai relatif tinggi sementara itu kasis kematian ibu melahirkan naik dalam beberapa tahun terakhir dengan latar belakang tersebut pertanyaanya bagaimana kebijakan anda dalam mengendalikan pertumbuhan penduduk berikutnya bagaimana strategi anda dalam meningkatkan pelayanan dan akses kesehatan khususnya bagi perempuan, waktu anda 3 menit dimulai dari sekarang.

Prabowo : Benar sekali sodara moderator, penambahan pendududk kita sangat luar biasa terjadi ledakan penduduk 5 juta orang tiap tahun lahir justru itulah strategi kami tutup kebocoran amankan kekayaan negara dapat uang tunai kita investasikan kepada kesehatan dan pendidikan. Dengan kesehatan dan pendidikan kita bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat dengan cara persuasif untuk menerima program program keluarga berencana, mau tidak mau kita harus tingkatkan kembali program keluarga berencana kita harus investasi di puskesmas-puskesmas di posyandu-posyandu, kia harus tambah jumlah dokter kita harus perbaiki gaji dokter perawat bidan ini tidak boleh tangung-tangung makanya kami katakan strategi kami adalah strategi dorongan besar the Big Push Strategy kita tidak bisa main-main dengan tantangan tantangan yang kita hadapi sekarang demikian juga untuk mengurangi angka kematian ibu ibu, sekali investasi besar besaran posyandu,puskesmas,rumah sakit perbaiki gaji dokter, perawat ni semua butuh uang, darimana uangnya?

Dari produktifitas yang akan kita ciptakan dari penghematan kebocoran negara yang 1000 triliun tadi ini adalah strategi besar kita, jadi sodara moderator dan sodara sodara sekalian kita mengerti tantangan tantangan yang akan kita hadapi tapi bagaimana starategi apa cara apa yang kita harus lakukan ini membutuhkan suatu keberanian ini membuuhkan kerja keras ini membutuhkan disiplin yang luar biasa tetapi saya percaya totalitas dari rencana yang besar ini tidak bisa kita liat sepotong sepotong tetapi pengamanan kebocoran penghematan investasi di lahan lahan dan sektor produktif bagun pabrik, bangun irigasi, bangun waduk, bangun jalan raya, bangun kereta apai ribuan kilo meter itu semua akan menumbuhkan roda ekonomi pertumbuhan kita akan sangat tinggi dengan demikian uang kita untuk kita investadikan kepada posyandu, program untuk bidan untuk poliklinik puskesmas semuanya bisa berjalan kia akan punya uang untuk kita investasikan ke dinas pendidikan dan kesehatan, saya kira itu terimakasih.

Moderator : Termakasih Pak Prabowo, selanjutnya bapak Joko Widodod sebelum itu saya akan megulang pertanyaanya salah satu permasalahan Indonesia saat in adalah pertumbuhan penduduk yang dinilai relatif tinggi sementara itu kasis kematian ibu melahirkan naik dalm beberapa tahun terakhir dengan latar belakang tersebut pertanyaannya bagaimana kebijakan anda dalam mengendalikan pertumbuhan penduduk berikutnya bagaimana strategi anda dalam meningkatkan pelayanan dan akses kesehatan kususnya bagi perempuan, waktu anda 3 menit dimulai dari sekarang.

Jokowi : Terimakasih ini kembali lagi kita harus melihat BKKBN kita, ini harus dihidupkan dan diaktifkan kembali sehingga mereka berkampanye untuk masalah kelahiran masalah pertumbuhan penduduk ini harus dimulai lagi, mulai dari bawa kampanye dimulai dari bawah lagi sehinga masyarakat sadar ada kesadaran bahwa 2 anak itu cukup karena sekarang ini kenapa mereka kembali ke anak yang 3, 4 dan 5 karena kampanye kita kampanye mengenai kelahiran ini mulai menurun kembali oleh sebab itu BKKBN sebagai institusi yang membidangi itu harus diperkuat lagi baik anggaranya baik untuk terjun kebawah sehigga masyarakat sadar bahwa 2 anak itu cukup, kok 2 terus.

Kemudian mengenai angka kematian ibu yang naik dan layanan kesehatan bagi perempuan, tadi sudah saya sampaikan tapi perlu saya ulang lagi bahwa ini adalah membangun sistem dan mengontrol sistem itu dengan cara apa? Ya dengan sistem kartu ini, anggaranya ada tapi kalo sistemnya tidak dibangun sistemnya tidak ada manajemen pengawas yang baik sistemnya tidak dikontrol dilapangan percuma anggaran itu akan menguap kemana mana, kita dengan anggaran yang ada sekarang kita tidak usah muluk muluk kita harus tinggi tinggi punya apa punya ini mau punya ini, tetapi asal anggaran yang ada sekarang ini di manage di kelola dengan sistem yang baik dikontrol dan dibelikan alat alat yang real yang tepat guna yang dibutuhkan masyarakat saya pikir ifatest misalnya ibu ibu bisa kepuskesmas untuk ifatest apakah kanker rahim atau tidak ini penting sekali larinya akan ke sana dan ke rumah sakit kalo ibu-ibu pegang ini kartu indonesia sehat mereka akan secara rutin bisa cek ke puskesmas dan rumah sakit dengan tidak dipungut biaya anggaranya ada jadi jangan memayangkan kita membutuhkan angaran yang bertriliun triliuan anggaranya ada tapi sistemnya yang perlu dibangun terimakasih.

Moderator : Terimakasih bapak Joko Widodo, pemirsa kami akan jeda sejenak debat capres 2014 akan kembali sesaat lagi.

Sesi 4

Moderator : Pada sesi ini sangat menarik karena kedua calon diberikan kesempatan untuk saling bertanya masing masing calon bisa menanyakan 3 kali seiap pertanyaan disampaikan dlam waktu satu menit dan jawaban dalam waktu 3 menit, kesempatan pertama untuk bertanya adalah bapak Joko Widodo, silahkan waktunya 1 menit dimulai dari sekarrang.

Jokowi : bapak Prabowo saya ingin menayakan bagaimana pandangan bapak mengenai DAU dan DAK. Terimakasih

Moderator : Pak Prabowo, 3 menit waktu jawaban anda dimulai dari sekarang.

Prabowo : Baik terima kasih, DAU dan DAK dana alokasi umum dan dana alokasi kusus itu harus kita tingkatkan untuk daerah daerah, itu hanya bisa kita hasilkan kalo penghasilan negara bertambah, jadi dana ke derah dana ke Kabupaten dana ke Kecamatan dan ke Desa bisa naik kalo penghasilan negara naik inilah yang saya sudah bertahun tahun berjuang dimana mana, bagaimana caranya penghsilan Indonesia tidak bocor keluar negeri karena selama ini sumber sumber ekonomi kita dikuasai oleh sebagian besar orang asing atau perusahaan asing jadi nilai tambah kekayaa negara kita keluar, bagaimana kita akan tambahkan DAK DAU kalo uangnya selalu paspasan, ini inti daripada masalah. Jadi saya mengajukan pada seluruh bangsa bagaimana caranya kita bisa mengamankan kekayaan negara itu baru kita alirkan dana kedaerah daerah untuk mempercepat pembangunan, saya kira itu terimakasih.

Moderator : Masih ada waktu pak Prabowo. Cukup? Oke, berikutnya kami persilahkan kepada pak Prabowo untuk gantian menyampaikan pertanyaan pada pak Joko Widodo waktunya 1 menit dari mulai sekarang.

Prabowo : Pak Joko Widodo kita mengerti bahwa kondisi ekonomi dunia kurang menguntungkan akhir akhir ini, pertumbuhan ekonomi dunia kurang lebih sekarang 3%, 3,3% indonesia masih lumayan tahun ini masih diatas 5%, kalo seandainya bapak menerima mandat dari rakyat apa target pertumbuhan ekonomi yang bapak canangkan dan bagaimana strategi untuk mencapai target ekonomi yang bapak canangkan tersebut? Terimakasih.

Moderator : Pak Joko Widodo silahkan menjawab waktunya 3 menit dimulai dari sekarang.

Jokowi : Terimakasih pak Prabowo, kedepan saya meyakini bahwa ekonomi kita akan bisa tumbuh diatas 7% dengan catatan catatan yang pertama iklim investasi beserta regulasinya itu betul betul terbuka dan memberikan kesempatan pada investor lokal untuk bergerak menciptakan sebuah pertumbuhan ekonomi yang kedua dibidang perijinan, perijinan yang terlalu lama seperti yang kita liat sekrang ini, harus berani kita pangkas secepat cepatnya agar investasi yang hadir dalam kegiatan ekonomi kita itu keliatan mereka dilayanai dan disambut, IMB misalnya bisa online SIUP bisa SIUP online PJP bisa PJP online, saya kira cara cara kalau sistem itu kita lakukan dan investor diberikan kesempatan untuk membuka lapangan pekerjaan untuk membuka investasi terutama di daerah daerah saya yakin insyaallah 7% bukan sesuatu yang sulit.

Kemudian yang ketiga arah industri ekspor harus dibuka seluas luasnya harus diberikan insentif yang sebesar besarnya, industri itu industri seperti apa industri kecil yang ada di desa desa industri rumah tangga yang ada di kampung produk mereka bisa berkompetisi di dunia asalkan mereka diberi ruang untuk memasarkan barangnya. Oleh sebab itu kedepan menurut saya dubes dubes kita jangan hanya berdiplomasi saja tetapi juga dia mereka beliau harus juga menjadi marketingnya negara mereka harus bisa memasarkan produk produk dari desa produk dari kampung yang mempunyai kualitas internasional saya kira kesempatan itu sangat terbuka karena kompetisi, mereka bisa berkompetisi harganya kompetitif kualitasnya juga baik hanya mereka butuh dorongan dari pemerintah. Dengan cara seperti itu hal yang kongkrit inilah yang dibutuhkan oleh negara ini, dan saya meyakini saya selaku 28 tahun di industri kecil, industri kampung bisa kita lakukan asalkan negara hadir, terimakasih.

Moderator : Baik terimakasih, selanjutnya mas Joko Widodo silahkan bertanya kembali waktunya satu menit dimulai dari sekarang.

Jokowi : Pak Prabowo, bagi bapak keliatannya banyak menyampaikan bahwa uang kita ini banyak, tetapi kalo kita lihat dalam 2 tahun ini kita megalami yang namanya defisit perdagangan dan juga defisit APBN terjadi dalam 2 tahun ini. Apa yang salah menurut bapak dalam hal ini? Terimakasih.

Moderator : Pak Prabowo diberikan kesempatan untuk menjawab dimulai dari sekarang.

Prabowo : Terjadi defisit perdagangan dan defisit anggaran justru yang saya sebut tadi karena kekayaan negara bocor keluar negeri, ya esensinya itu karena kekayaan negara keluar, kenapa keluar? Karena sebagai contoh kita punya persediaan grup oil minyak bumi sudah menurun kita tambah impor, harga grup oil minyak bumi naik didunia 100$/barrel, jadi beban untuk impor kita sangat tinggi itulah terjadi defisit perdagangan, defisit anggaran sama kebutuhan kebutuhan kita janji janji para pemimpin sebagaimana bapak terus keluarkan kartu ini dan kartu itu, itu bapak bilang ada anggaranya ya anggaranya ujung ujungnya dari APBN, APBN dari mana? APBN tidak jatuh dari langit, APBN itu dari kekayaan negara dan kekayaan negara kita sekarang bocor, pak Joko Widodo itu esensinya ini yang saya perjuangkan kepada seluruh elit indonesia kekayaan kita bocor, ketua KPK pada 7 september 2013 mengatakan bocornya 7000 triliun persisnya 7200 triliun itu angka real, angka saya 1.134 triliun bocornya jadi kalo bapak tanya kenapa defisit perdagangan dan defisit APBN itu intinya harus ada pemerintah yang berani untuk menutup kebocoran itu kita bisa tidak defisit bahkan kita bisa surplus dan kita bisa menjadi negara Macan Asia kembali, terimakasih.

Moderator : Baik terimakasih, selanjutnya pak prabowo kami persilahkan untuk memberikan pertanyaan sekali lagi untuk pak Joko Widodo, mulai dari sekarang.

Prabowo : Sebagaiman kita ketahui bahwa pendidikan sangat penting selama ini kita wajib belajar 9 tahun, saya bertanya apakah sodara Joko Widodo setuju bahwa wajib belajar harus 12 tahun, dan kalo setuju wajib belajar 12 tahun para pakar mengatakan bahwa hal ini butuh tambahan biaya sekitar 40 triliun, dan apakah pak Joko Widodo setuju dengan penambahan ini dan sanggup mendukung gagasan ini wajib belajar 12 tahun dan peningkatan investasi di bidang pendidikan serta penambahan 40 triliun terimakasih.

Moderator : Pak Joko Widodo silahkan untuk menjawab dimulai dari sekarang.

Jokowi : Terimakasih, tadi didepan sudah saya sampaikan bahwa pembangunan manusia itu dimulai dari bidang pendidikan oleh sebab itu pendidikan menjadi hal yang utama bagi kami, tetapi memang pendidikan ini harus ada evaluasi dan harus ada perubahan menurut kami pendidikan di tingkat SD itu 80% harus berbicara masalah yang berhubungan dengan pendidikan karakter pendidikan akhlak pendidikan mental pembangunan sikap dan mental baru yang 20% itu pengetahuan, yang di SMP 60-40, 60 pendidikan karakter 40 pengetahuan, di SMA/SMK 20-80, 80 adalah pengetahuan dan keterampilan oleh sebab itu dengan cara ini lah kita kan mendapatkan manusia manusia dengan sikap mental yang mempunya etos kerja mempunyai budaya kerja sehingga jika kita lakukan itu kedepan kita akan mempunyai manusia dengan produktifitas yang tinggi dan daya saing yang tinggi.

Oleh sebab itu sekali lagi pendidikan merupakan hal yang utama yang tidak bisa ditawar-tawar berapapun yang dibutuhkan pendidikan dalam rangka investasi kita kedepan dalam rangka produktifitas, dalam rangka daya saing apa lagi hanya 40Triliun, 40Triliun ini bisa dicari gampang sekali asal efisiensi dibidang kelistrikkan bisa kita lakuakan, dari BBM diganti pada gas dari BBM diganti pada batubara itu sudah menghemat hitungan kami, itu kita hemat 70Triliun dari situ kita masukkan saja kebidang pendidikan gak ada masalah, 12 tahun menjadi kewajiban kita bersama agar sekali lagi kita mempunyai manusia dengan produktifitas yang tinggi daya saing yang tinggi sehingga kekayaan alam yang ada di negara kita dikelola oleh kita sendiri orang orang Indonesia warga warga Indonesia dan itu bisa kita lakukan kalo kita mempunyai manusia yang mempunyai pendidikan yang mempunyai produktifitas yang mempunyai daya saing baik. Terimakasih.

Moderator : Baik, sekarang pertanyaan ketiga dimulai dari pak Joko Widodo waktunya satu menit dimulai dari sekarang.

Jokowi : Terimakasih, bapak Prabowo kami ingin bertanya bagaimana cara meningkatkan peran, ini soal rakyat ini. Bagaimana acara meningkatkan peran TPID?

Moderator : Pak Prabowo silahkan.

Prabowo : Singkatan TPID bagaimana pak?

Jokowi : TPID ini untuk Tim Pengendalian Inflasi Daerah, Pak Prabowo.

Moderator : Ok silahkan Pak Prabowo.

Prabowo : Ok ya kan saya tidak meguasai setiap singkatan, bagaimana meningkatkan peranan TPID kalo itu adalah fungsi dari pemerintahan, bagaimana meningkatkan peran ya itu adalah tugas seorang kepala daerah untuk meningkatkan perannya itu, itukan tim pengendalian berarti kalo mau ditingkatin perannya ya itu fungsi dan tugas dari masing masing pemerintah daerah, saya kira itu terimakasih.

Moderator : Waktunya masih ada Pak Prabowo Subianto silahkan dimulai dari sekarang.

Prabowo : Pak Joko Widodo dari paparan bapak dan pembicaraan bapak tidak kedengeran tentunya mungkin sudah ada perencanaanya tapi tidak dibahas tentang infrastruktur, negara kita sangat besar tantangan untuk negara kita sangat sangat besar bagaimana kita mau meningkatkan daya saing meningkatkan pertumbuhan ekonomi kalau bapak tidak membahas sama sekali tentang infrastruktur, apa gambaran bapak tentang infrastruktur ini, jalan raya, kereta api, pelabuhan, dsb. Terimakasih.

Moderator : Silahkan pak Joko Widodo dimulai dari sekarang.

Jokowi : Terimakasih Pak Prabowo, saya kira didepan tadi sudah saya sampaikan mengenai infrastruktur cuma belum detail dijelaskan, infrastruktur di daerah kita ini menurut saya kedepan yang paling penting adalah tol laut, tol laut ini penting sekali sehingga yang namanya kapal dari barat sampai ketimur dari ujung Papua itu nanti ada bolak balik bolak balik, kenapa ini harus ada? Karena yang kita liat semen yang ada di Jawa harganya berbeda dengan yang ada di daerah lain, kalo infrastruktur ini kita bangun merata diseluruh Nusantara ini akan memberikan keadilan karena nantinya harga semen di Jawa, Papua, Kalimatan, Sumatera, Sulawesi akan sama atau hampir sama, tidak seperti sekarang ada sebuah perbedaan karena infrastruktur tidak dibangun berdasarkan kelautan karena kita adalah negara maritim kenapa laut tidak diberikan perhatian, lalu yang kedua laut dan transportasi laut merupakan transportasi yang sangat murah saya berikan contoh lagi, saya ini pelaku mengirim kontainer dari Jawa ke Eropa dengan dari Jawa ke Papua itu lebih mahal dari Jawa ke Papua karena gak ada kapal laut yang besar yang wira wiri dari ujung barat ke ujung timur, yang kedua untuk manajemen distribusi logistik selain tol laut yang kedua adalah double track kereta api baik di sumatra, Jawa,Kalimatan,papua,Sulawesi double track kereta api penting sekali karena dia angkutan yang sangat murah selain kapal oleh sebab itu uang yang ada harus dikonsentrasikan untuk pembangunan infrastruktur yang melibatkan hajat hidup orang banyak, kapal laut kereta api itu menjadi hal yang penting bagi kita semuanya tidak hanya untuk distribusi logistik tapi juga mengangkut orang dengan biaya yang sangat murah. Saya kira itu.

Moderator : Terimakasih dengan demikian berakhir sesi ke 4 dan kedua kandidat Capres dapat melanjutkan tanya jawab setelah jeda berikut ini.

Sesi 5

Moderator : Anda masih menyaksikan debat capres 2014, i ni saya kira sesi yang paling ditunggu2. Dalam sesi ini kedua Capres diberikan kesempatan untuk saling bertanya dan menaggapi, jadi setelah jawaban pertama diberikan Capres yang bertanya dapat menaggapi pertanyaan yang diberikan kemudian Capres yang bertanya dapat menaggapi pertanyaan tersebut, waktu untuk bertanya 1 menit dan untuk memberikan jawaban 2 menit, Capres nomor urut 2 mendapat kesempatan pertama untuk bertanya. Bapak Joko Widodo diberikan waktu 1 menit untuk bertanya dimulai dari sekarang.

Jokowi : Terima kasih saya ingin bertanya pada Bapak Prabowo, bagaimana pandangan bapak mengenai pengembangan ekonomi kreatif karena ini sangat mengurangi banyak penganguran terimakasih.

Moderator : Silahkan Pak Prabowo 2 menit waktunya dimulai dari sekarang.

Prabowo : Terimakasih Bapak Joko Widodo ekonomi kreatif sangat penting bagi kita karena jumlah penduduk kita sangat besar dan jumlah anak anak muda kita sangat besar dan juga kemudian ekonomi kreatif ini adalajh bidang dimanak kita bisa bersaing dengan bangsa lain karena itu memang pemerintah siapapun yang memimpin dimasa mendatang harus investasi besar besaran di bidang pendidikan sehingga kedepan ekonomi kreatif ini bisa menghasilkan suatu nilali tambah bagi negara kita jadi saya sangat mendukung setiap upaya seiap program untuk mendukung daya saing kita dibidang ekonomi kreatif, disinilah mungkin keunggulan bangasa kita karena kita punya naluri seni di darah kita, kita punya naluri seni rakyat kita punya bakat dibidang bidang kreatifitas dan kalo ini diberi kesempatan ini bisa menghasilkan suatu devisa yang banyak di alam abad 21 dimana sekarang banyak sekali perkembangan alat teknologi mengarah pada teknologi maya dan teknologi telematika, saya sangat mendorong pembangunan.

Moderator : Waktu habis. Pak Joko Widodo silahkan menaggapi waktunya mulai sekarang.

Jokowi : Bidang bidang ekonomi kreatif seperti musik animasi kemudian seni pertunjukan kemudian video kemudian produk kreatif baik desain produk kita mempunyai kekayaan yang sangat banyak ini ruang ruangnya belum diberikan dukungan penuh oleh peerintah dan kita melihat kalo ini diberikan dukungan yang penuh oleh pemerintah ekonomi kreatif kita ini akan bisa dikembangkan, saya berikan contoh seni pertunjukan kita mempunyai pertunjukan dari Sabang sampai Marauke yang luar biasa banyaknya, kalo itu dikerjakan dengan manajemen panggung yang baik , dikerjakan dengan manajemen lightning yang baik, dikerjakan dengan manajemen promosi yang baik saya yakin bisa menjadi kekayaan pariwisata kita yang bisa kita tunjukan kepada dunia, animasi juga sama, animasi kita ini banyak kita ekspor ke luar tetapi banyak yang menikmati banyak yang bukan kita tetapi komandan yang ada di sini perusahaan perusahaan asing oleh sebab itu saya kembali ingin menyampaikan pada bapak prabowo bagaiman ekonomi kreatif ini bisa dibawa ke manca negara karena ini menyangkut anak anak muda semuanya yang bekerja di ekonomi kreatif ini anak anak muda kita semuanya umur 20-30 banyak yang bekerja di bidang ekonomi kreatif ini. Terimakasih.

Moderator : Pak Prabowo silahkan menanggapi waktunya mulai sekarang.

Prabowo : Baik sodara Jokowi dan sodara2 sekalian ini tim penasehat saya mengatakan apapun yang disampaikan jangan pernah setuju dengan apa yang disampaikan oleh sodara Jokowi, jangan pernah setuju itu adalah nasehat tapi saya ini bukan politisi profesional, kalo ide bagus saya harus bilang bagus jadi saya tidak dengar penasehat saya, saya sejalan dengan sodara Jokowi, ya bagaiman masa harus gak setuju kalo ya idenya bagus harus gak setuju ya kan, maaf ya kali ini saya gak ikuti nasihat, dan kalo ekonomi kreatif saya hanya punya anak satu dan anak saya memang bergerak di ekonomi kreatif, dan sebagai desainer dia juga sudah muncul di manca negara, jadi kalo soal itu ya saya dukung sodara Jokowi hahah.

Moderator : Terimakasih, sekarang pak Prabowo kami berikan kesempatan unuk bertanya waktunya satu menit dati sekarang.

Prabowo : Pak Jokowi kita tau sebentar lagi negara kita akan kemasukan atau bukan kemasukan, harus menerima arus dari tetangga sebelah kita, ASEAN Economic Comunity/ komunitas ekonomi ASEAN tahun 2015 harus kita terima, sudah kita setujui, banyak dampaknya dan juga banyak nanti orang ASEAN boleh berusaha di Indonesia boleh bekerja di sini, saya mohon pandangan bapak bagaiman menurut bapak cara menghadapi MEA ini apakah kita harus tinjau kembali atau bagai mana.

Moderator : Silahkan Pak Jokowi waktu dimilai dari sekarang.

Jokowi : Terimakasih, ya ini sebuah fakta yang harus kita hadapi tahun 2015 ASEAN Economic Comunity sudah berada di hadapan kita, tetapi saya meyakini dengan ekonomi kita yang tumbuh baik dengan enterpreneur kita juga tumbuh sangat bagus, keberanian untuk menerobos pasar global sudah dilakukan sejak 30 tahun lalu saya juga tidak ada maslah, hanya pemerintah harus memberi dorongan agar mereka menyerang lebih dahulu masuk kenegara lain terlebih dahulu ini strategi, yang kedua pasar yang ada di domestik jangan sekali kali bisa dimasuki oleh pasar yang dari luar caranya seperti apa? Caranya banyak sekali bahwa yang berkaitan dengan perijinan saya kira daerah bisa memberikan kesempatan apabila ini investor lokal kalo investor dari luar bisa disulit sulitin, saya kira semua negara melakukan itu, jadi ada sebuah barier mereka menghambat tapi tidak keliatan saya kira tidak usah lewat sebuah instrupsi saya kira bahwa kita dengan nasionalisme kita dengan ekonomi berdikari kita saya kira kita bisa melakukan itu dan jangka panjang tadi didepan sudah saya sampaikan hanya ada satu cara, pembangunan manusia itulah yang akan menjadi daya saing kita dan itulah yang akan menentuka kita menangan atau tidak menang di dalam pertarungan di pasar. Baik saya rasa itu terimakasih.

Moderator : Pak Prabowo silakan menaggapi waktunya mulai sekarang.

Prabowo : Jadi kalo rincinya bagaimana kalo nanti bapak mensikapai umpamanya tuntutan daripada perusahaan dari luar sebagai contoh ingin membuka cabang cabang bank di Kabupaten Kabupaten kita atau kita harus membuka wilayah udara kita jadi nanti penerbangan ASEAN bebas terbang diantara kota kota kita, ini apakah tidak akan merugikan keperntingan nasional kita.

Moderator : Pak Jokowi tanggapan anda mulai dari sekarang.

Jokowi : Ya tentu saja ita sebagai pemerintah harus membuat regulasi regulasi yang memberikan barier agar mereka tidak gampang masuk ke wilayah kita sebagai contoh masalah perbankan, saya bisa memberikan barier yang memberikan hambatan-hambatan agar mereka tidak gampang masuk, kalo kita liat kita mau bikin cabang bank di negara tetangga kita itu sangat sulit sekali, saya dengar langsung dari beberapa perbankan mereka sangat sulit sekali mendirikan cabang tidak segampang ditempat kita oleh sebab itu perlu ada regulasi dari pihak pemerintah agar juga hambatan itu ada kita terbuka pada siapa saja tadi secara tertutup saya pikir hambatan itu harus segera dibangun regulasi peraturan peraturan baik pemeritnah pusat, BI, daerah. Kita terbuka tapi yang utama adalah melindungi ekonomi nasional kita yang berhubungan dengan ekonomi rakyat, ya bisa udara kita kita buka total tapi kemudian mereka bisa masuk kesemua daerah dan yang nantinya yang menguasai daerah bukan pengusaha nasional tetapi pengusaha dari sana, saya kira pentingnya barier untuk regulasi itu jangan sampe memberikan peluang yang besar pada mereka karena dimanapun kita ingin invesasi di negara manapun pasti ada bariernya entah lewat regulasi bisnis lewat regulasi pemerintah entah dihambat di bea masuk dan yang lain lainnya. Terimakasih.

Moderator : Terimakasih, Pak Jokowi kami berikan kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan waku 1 menit kita mulai dari sekarang.

Jokowi : Pak Prabowo kami mohon klarifikasi atau kejelasan mengenai visi misi bapak mengenai anggaran desa yang disana tercantum 1M. Karena yang saya tahu di UU desa itu tidak ada angka 1M tetapi bisa lebih, bisa 1.3M, 1.5M, tergantung jumlah pendududuk, luas wilayah,kemungkinan yang ada di daerah. Terimakasih.

Moderator : Pak prabowo silahkan menjawab waktu mulai dari sekarang.

Prabowo : Waktu saya mencanangkan program dan saya deklarasi itu sebelum UU Desa keluar, jadi saya sebagai Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani indonesia, saya juga didesak oleh, ek.. saya juga dewan penasihat dari Induk Koperasi Unit Desa didesak mereka sebearnya sudah 7 tahun ABDESI organisasi desa ini ABDESI Parade Nusantara sudah 7 tahun di DPR-RI. Dan setiap tahun dibilang masuk tahun depan masuk tahun depan. Jadi tanggal 26 oktober 2013 saya umumkan deklarasi itu saya sebarkan itu memacu semua fraksi DPR RI akhirnya keluar UU Desa, tapi UU Desa keluar masih harus diikuti tentunya oleh peraturan pemerintah dsb. Inilah yang saya picu jadi kalo diaatas 1M ya alhamdulilah kalo kurang dari 1M kita akan lengkapi karena saya katakan minimal 1M dan hitungan kita anggaran kita mampu untuk melaksanakannya, terimakasih.

Moderator : Pak Jokowi silahkan menaggapi waktu muai dari sekarang.

Jokowi : Berarti bukan 1M karena siapapun nanti Presidennya karena sudah merupakan UU bahwa secara otomatis anggaran sebesar yang saya sampaikan bisa 1.1,1.3,1.2 itu tetap akan mengucur kedesa artinya yang ingin saya sampaikan bahwa visi misi mengenai anggaran desa 1M itu berasal dari UU bukan ari visi misi Pak Prabowo.

Moderator : Pak Prabowo silahkan menanggapi waktunya mulai sekarang.

Prabowo : Saya tidak mempersoalkan berasal dari mana yang penting uangnya sampai kepada rakyat di desa. Karena ini perjuangan rakyat desa 7 tahun, mereka kirim delegasi 7 tahun berturut turut, jadi saya bikin deklarasi dan dalam isisan itu adalah komitmen, perkara sudah ada UU Desa alhamdulilah kalo nanti angkanya tidak 1M pemerintah kita Prabowo Subianto-Hatta Rajasa kita akan bekerja keras supaya bisa sampai 1M atau lebih itu saya katakan.

Moderator : Waktunya masih ada pak. Apakah cukup?

Prabowo : Saya sudah cukup, singkat jelas.

Moderator : Terimakasih.

Prabowo : Karena yang capek kita ya pak mereka hanya duduk denger aja itu.

Moderator : Ya terimakasih, selanjutnya Pak Prabowo kami persilahkan untuk menyampaikan pertanyaan kedua waktunya dimulai dari sekarang.

Prabowo : Sodara Jokowi, kita mengerti bahwa ada kontrak kontrak perusahaan asing bersama Indonesia yang agak merugikan kita bangsa Indonesia, bagaimana menurut Pak Jokowi harus kita sikapi apa kita biarkan atau lakukan tindakan tindakan tertentu, saya mohon dijawab.

Moderator : Pak Jokowi silahkan dimulai dari sekarang.

Jokowi : Terimakasih Pak Prabowo, kita harus menghormati semua kontrak yang kita tanda tangani tidak bisa kita ujuk ujuk kita ambil dan tidak mungkin oleh sebab itu penghormatan terhadap kontrak yang sudah disepakati itu merupakan pembangunan kepercayaan bagi infestasi di negara ini tetapi kalo nantinya sudah habis kita akan kalkulasi kembali kita akan hitung kembali apakah kita ambil kalo memang menguntungkan kalo tidak tidak akan kita ambil, apakah yang megambil itu BUMN silahkan atau mereka akan kerja sama juga silahkan tetapi yang lebih penting menurut konstitisi kekayaan alam indonesia sebesar besarnya digunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia, intinya disana. Oleh sebab itu yang paling penting adalah di kalkulasi yang paling penting adalah di hitung apakah kerja sama dengan BUMN apakah diambil total oleh BUMN semuanya perlu di kalkulasi, kita tidak bisa menggeneralisir karena ini adalah masalah yang berkaitan dengan sebuah kontrak tetapi saya setuju bahwa kekayaan alam itu harus digunakan sebesar besarnya untuk kemakmuran rakyat dan harus menguntungkan negara bukan menguntungkan negara asing. Terimakasih.

Moderator : Oke Pak Prabowo tanggapan anda dimulai dari sekarang.

Prabowo : Jadi bagaimana dengan kontrak yang sangat merugikan kita tapi jangkanya masih sangat panjang kedepan, apakah kita tunggu 20 tahun lagi sampai selesai dengan kehilangan nilai tambah kekayaan bagi bangsa Indonesia ataukah ada cara lain ataukah tidak sebaiknya kita adakan perundingan ulang kita minta renegoisasi apakah tidak lebih baik kita renegoisasi kontrak kontrak yang tidak menguntungkan bangsa Indonesia. Terimakasih.

Moderator : Silahkan Pak Jokowi untuk memberikan tanggapan mulai dari sekarang.

Jokowi : Ya saya inikan belum membuka kontraknya, kalo kontraknya sudah kita buka dan poin poin yang ada di situ jelas kemudian ada peluang untuk merenegoisasi ulang saya rasa akan segera kita lakukan itu, kalo misalnya di dalam kontrak itu jelas bisa kita beli sekarang, ya kolo kita punya kemampuan kalo BUMN kita punya kemampuan kenapa tidak kita beli sekarang kalo memang itu cara itu dalam hitung hitungan menguntungkan tetapi kalo didalam kontrak itu tdk ada peluang tidak ada renegoisasi ya kita harus menghormati kontrak itu tapi menurut saya yang palng penting menandatangani setiap kontrak yang ada kedepan memang harus dilakukan secara detail jangan sampai ada kerugian di pihak kita jangan sampai yang namanya royalti yang namanya pembagian keuntungan entah yang namanya pajak minerba itu negara dirugikan dan rakyat tidak mendapat hasil dari sana kembali ke konstitusi bahwa kekayaan alam harus sebesar besarnya digunakan untuk kemakmuran rakyat, arahnya ke sana oleh sebab itu kontrak yang akan habis kontrak yang mungkin jauh hari akan habis tetap harus disiapkan dari sekarang tetap harus di kalkulasi tetap harus dihitung mulai sekarang apakah diambil atau di kerjasamakan atau mau dibeli oleh BUMN saya kira ini lah fakta yang harus kita hadapi dan kita harus segera siap untuk mengelola tambang tambang itu. Terimakasih.

Moderator : Terimakasih bapak bapak, pemirsa itu debat capres 2014 akan kembali setelah jeda pariwara berikut.

Sesi 6 Pernyataan Penutup.

Moderator : Sekarang kita tiba pada sesi terakhir debat pada malam hari ini dimana para kandidiat akan menyampaikan pernyataan pernyataan tertutup dalam 3 menit. Kesempatan pertama kami berikan pada capres nomor urut 1 pak Prabowo Subianto. Pada Pak Prabowo Subianto waktu 3 menit dimulai dari sekarang.

Prabowo : Terimakasih sodara moderator, baru saja malam ini saya dengan sodara Jokowi membahas pemikiran kita tentang ekonomi dan kesejahteraan rakyat. Perjuangan kami Prabowo-Hatta memang ingin mewujudkan suatu ekonomi yang kuat yang berdikari yang mengamankan kekayaa negara supaya bangsa Indonesia menguasai kekayaannya dan agar kekayaan Indonesia tidak mengalir keluar negeri, uang ini kekayaan ini akan kita pergunakan untuk kepentingan rakyat kita untuk mempercepat pembangunan untuk menaikan penghasilan buruh tani nelayan pedagang kecil pegawai negeri PKL guru termasuk guru honorer yang penghasilanya sangat sangat rendah juga karyawan pabrik yang tidak menentu nasibnya karena outsourching juga mereka kaum disabilitas ini semua harus kita bantu, darimana uang untuk membantu? Dari kekayaan negara yang harus kita amankan, apabila kita diberi mandat kita akan bekerja keras agar setiap ibu setiap pagi senyum melihat anaknya berangkat sekolah dengan sehat dengan gembira dan kembali dari sekolah juga dengan semangat ibu ibu akan tau bahwa guru guru mendidik anak anaknya dengan baik bapaknya tiap malam tidur dengan tenang karena tahu besok ada uang untuk anak dan isrinya lusa masih ada uang minggu depan masih bisa bayar hutangnya. Sodara itu perjuangan kami, kami ingin orang kecil di Indonesia bisa senyum wong cilik iso ngguyu itu adalah cita cita Prabowo-Hatta kita ingin ekonomi untuk rakyat kemakmuran untuk rakyat Indonesia kuat Indonesia Berdikari Indonesia dihormati karena rakyatnya sejahtera itu cita2 kami dan itu yg akan kami perjuangkan kami akan hormati keputusan rakyat kami mohon doa restu rakyat Indonesia.

Moderator : Terimakasih Pak Prabowo, kini giliran Pak Jokowi untuk menyampaikan pernyataan penutup dalam 3 menit mulai dari sekarang.

Jokowi : Ibu bapak sodara sebangsa setanah air kami yakin bahwa kedepan akan terwujud sebuah ekonomi yang lebih baik apabila rakyat memberi amanat kepada kami Jokowi-JK kami akan bekerja sekuat tenaga siang dan malam untuk nusa bangsa dan rakyat Indonesia, rakyat Aceh Papua dll yang bekerja di malam hari itulah yang menggugak kami Jokowi-JK utk bekerja keras mengabdikan diri pada jutaan rakyat di Indinesia, saya Jokowi lahir disini besar di sini dididik di sini dan saya seutuhnya adalah Indonesia, saya tegaskan dan jika siap memimpin Indonesia dan saya hanya tunduk terhadap konstitusi terhadap kehendak rakyat, rakyat indonesia salam 2 jari. Terimakasih.
Moderator Terimakasih pak Jokowi.

Itu tadi debat capres 2014 putaran ke 2. Sekali lagi termakasih kepada Pak Prabowo dan Pak Jokowi terimaksih pada hadirin dan pemirsa, saya Ahmad Erani Yusika debat selanjutnya akan dilakukan 22 juni 2014 dan jangan lupa menggunakan hak pilih anda pada 9 juli 2014 karena suara anda menentukan siapa yang memimpin bangsa ini 5 tahun kedepan.

Oleh : Ari DP, Anggota Konsentrasi Mahasiswa Progresif (Koma Progresif) Samarinda dan Kontributor Arah Juang.

4,813 total views, 3 views today

Share this post:

Related Posts

Ayo Berlangganan Koran Arah Juang

Leave a Comment