Tak Terima Ada Rencana PHK, PNS Yunani Mogok Kerja

PNS Yunani MogokPegawai Negeri Sipil (PNS) Yunani mulai menggelar mogok kerja selama dua hari ke depan. Mogok kerja yang sudah terjadi kedua kalinya ini sehubungan dengan rencana pemerintah melakukan PHK terhadap para PNS.

Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) ini dilakukan terkait dengan syarat dana bantuan internasional yang sudah diberikan kepada Yunani dalam tiga tahun terakhir. Akibat mogok kerja ini, kantor-kantor pemerintahan dan rumah sakit umum pun ditutup.

Demo mogok kerja tak hanya dilakukan pegawai kantor pemerintahan saja, guru dan dosen juga sudah mogok mengajar sejak Senin 16 September pekan lalu. Selain itu, serikat buruh Yunani juga akan turun ke jalan ibukota hari ini.

Yunani wajib memecat 4.000 PNS dan memutasi 25.000 PNS lainnya sesuai dengan kesepakatan dana bantuan dari Uni Eropa (UE) dan International Monetary Fund (IMF). Langkah ini harus dilakukan sebelum tutup tahun 2013.

Kemarin dua perguruan tinggi terbaik di Yunani, Universitas Athena dan Politeknik Athena, sudah menghentikan kegiatan belajar-mengajar dalam rangka memprotes rencana PHK tersebut. Kedua universitas ini juga berniat menghadang rencana ini melalui pengadilan.

Aksi mogok ini bertepatan dengan rencana inspeksi para pemberi utang Yunani, yaitu UE, IMF dan European Central Bank (ECB). Inspeksi digelar guna memantau rencana reformasi Yunani sesuai dengan kesepatan saat pemberian dana bantuan.

Sumber : Detik

816 total views, 1 views today

Share this post:

Related Posts

Ayo Berlangganan Koran Arah Juang

Leave a Comment