Pernyataan Sikap

Gema Demokrasi Dukung Gerakan Masyarakat Menolak Pemberangusan Demokrasi

ITMHari ini Selasa, 17 Mei 2016 masyarakat dari sejumlah kota di Indonesia melakukan protes atas maraknya pemberangusan demokrasi dalam wujud pembubaran, pelarangan, intimidasi dan penangkapan. Sejak tadi pagi, Aliansi Masyarakat Semarang Sayang Pancasila sudah melakukan aksi kepedulian. Disusul oleh Masyarakat Literasi Yogya dengan mengeluarkan 7 Maklumat Buku. Di Bandung ada juga aksi serupa yang merespon pemberangusan buku dan kebebasan berekspresi.

Munculnya gerakan masyarakat di beberapa kota ini harus dibaca sebagai bentuk reaksi keras masyarakat atas dibiarkan merajalelanya aksi sepihak militerisme dan kelompok anti demokrasi dengan melakukan pelanggaran hak warga negara tanpa mengindahkan sistem hukum yang berlaku di Indonesia. Selain itu juga sebuah tanda bahaya yang dibunyikan masyarakat agar Presiden lekas bertindak menghentikan gerak dan teror militerisme dan kelompok pengusung kekerasan yang telah membuat hidup jadi tidak nyaman dan merasa terancam.

GEMA DEMOKRASI (Gerakan Masyarakat untuk Demokrasi) menyatakan mengapresiasi gerakan yang dilakuka Aliansi Masyarakat Semarang Sayang Pancasila, Masyarakat Literasi Yogya dan mendukung seruan mereka agar aksi pemberangusan demokrasi ini dihentikan. Selanjutnya mendorong agar aksi-aksi seperti ini dilanjutkan dan diperbesar sehingga menjadi perhatian publik lebih luas.

GEMA DEMOKRASI juga mengajak secara terbuka organisasi dan individu yang peduli untuk menjaga demokrasi untuk berkonsolidasi dan bergerak bersama mempersiapkan aksi nasional dalam waktu dekat.

Rapatkan barisan, rebut demokrasi!

GEMA DEMOKRASI
(Gerakan Masyarakat untuk Demokrasi)

AJI Indonesia, LBH Pers, LBH Jakarta, KontraS, Elsam, SEJUK, SAFENET, PPRI (KPO PRP, SGMK, SGBN, PPR, GSPB, FSedar, SPRI, Solidaritas.net, SEBUMI, Pembebasan), YLBHI, KPRI Jakarta, PRP, INFID, ITP/Institut Titian Perdamaian, PULIH Area Aceh, Pergerakan Indonesia, PurpleCode, IMPARSIAL, Komite Pembaruan Agraria (KPA), Ultimus, IPT ‘65, Belok Kiri Festival, YouthProactive, Remotivi, Gereja Komunitas Anugrah, ICJR dan individu-individu yang peduli pada masa depan demokrasi Indonesia.

Narahubung
1. Asep Komarudin : 081310728770
2. Alghifari Aqsa : 081280666410
Email: rebutdemokrasi@gmail.com

Loading

Print Friendly, PDF & Email

Comment here

%d blogger menyukai ini: