Solidaritas Mahasiswa Dukung Mogok Nasional (SM-MONAS) Akan Deklarasikan Dukungan Pada 21 Oktober

student and workers

Pada hari Senin, 21 Oktober 2013 pukul 14.00 Wib di ruang teater Baun FIB Universitas Indonesia, mahasiswa dari berbagai kampus yang tergabung dalam Solidaritas Mahasiswa dukung Mogok Nasional (SM-Monas) akan melakukan Konferensi Pers mendukung pemogokan buruh. Dalam Konferensi Pers tersebut, SM-Monas menuntut:

1. Tetapkan Upah layak Nasional
2. Hapus Sistem kerja Outsourching
3. Cabut Impres No. 9 Tahun 2013
4. Berikan Jaminan sosial untuk Rakyat
5. Tolak Kapitalisasi Pendidikan

SM-Monas menilai bahwa persoalan perburuhan sangat berhubungan erat dengan persoalan di dunia pendidikan. Kapitalisasi pendidikan telah merubah institusi pendidikan menjadi industri yang menjual jasa layanan pendidikan. Mahasiswa yang berhak mendapat pendidikan dipaksa menjadi Customes’s untuk membeli komoditi pendidikan dengan harga yang mahal. Akibatnya banyak pelajar yang tidak mampu melanjutkan pendidikan kejenjang pendidikan tinggi bahkan banyak mahasiswa yang putus kuliah karena tidak mampu membayar biaya pendidikan.

Disisi yang lain, kenyataan tersebuat telah menciptakan deretan tentara cadangan bagi industri (pengangguran). Kondisi ini pula yang meligitimasi penguasa dan pengusaha menjalankan politik upah murah dan sistem kerja outsourching.

Kini, semakin masifnya perjuangan buruh melawan politik upah murah dan outsourching, presiden yang bersengkokol dengan pengusaha mengeluarkan Inpres N0. 9 Tahun 2013 terkait pengupahan 2014. Alhasil, inpres ini merupakan tangan besi rezim yang anti kesejahteraan buruh.

Sejatinya Negara berkewajiban menjamin hak-hak sosial dengan memberikan jaminan sosial terhadap rakyat. Namun, sampai hari ini pemerintah inkonsistusional dan, akibatnya rakyat tetap menderita dan miskin.

Selanjutnya, SM-Monas menyerukan kepada seluruh mahasiswa Indonesia agar mendukung perjuangan buruh yang akan melakukan pemogokan nasional pada tanggal 28-30 Oktober 2013 dengan:

1. Memasang sepanduk dukungan Mogok Nasional 28-30 Oktober 2013 didepan kampus.
2. Melakukan mimbar-mimbar politik kampus (aksi) untuk menjelaskan keterkaitan Mogok Nasional dengan perjuangan mahasiswa.
3. Terlibat dalam Pemogokan Buruh pada tanggal 28-30 Oktober 2013.

Serikat Mahasiswa Indonesia: Azmir Zahara
Serikat Mahasiswa progresif- UI: Rio
Formasi IISIP: Sueb
Gerakan Perjuangan Mahasiswa Jakarta: Mones
Pembebasan: Anas

Untuk Organisasi Mahasiswa yang mendukung Mogok Nasional dapat menghubungi:
Azmir zahara (0878 38 244 015)

 

Sumber foto: oxfordsttudent.com

1,015 total views, 2 views today

Share this post:

Related Posts

Ayo Berlangganan Koran Arah Juang

Leave a Comment