Menuju Mogok Nasional, Buruh Jakarta Melakukan Konvoi Kawasan

Mogok Nasional Buruh IndonesiaSetelah mendeklarasikan sikap untuk melakukan mogok nasional pada 30 september lalu, kaum buruh terlihat menunjukkan keseriusannya. Kemarin, rabu 2 Oktober 2013, ratusan buruh di Jakarta melakukan aksi konvoi kawasan dalam rangka membagi-bagikan selebaran terkait rencananya melakukan mogok nasional.

Sejak pagi, ratusan buruh yang menamakan diri Buruh Jakarta Bergerak sudah terlihat berkumpul di dua titik yaitu di kawasan industri ancol dan KBN cakung untuk membagi-bagikan selebaran. Aliansi buruh yang terdiri dari beberapa organisasi ini seperti SBTPI, FBLP, SPN, PROGRESIP, GSBM KASBI, FORBES, FPBI, SPSI RTMM, FSBI, FRONJAK, KPO-PRP, juga melakukan orasi-orasi selama 1 jam di titik masing-masing sebelum bergerak konvoi menuju satu titik yang sama.

Tujuan mereka adalah PN Jakarta Utara untuk mendukung rekan-rekan mereka yang sedang melakukan sidang atas gugatan pengusaha akibat melakukan mogok kerja. Setelah beberapa jam di PN Jakarta Utara, ratusan buruh ini kembali bergerak ke kawasan industri pulo gadung.

Sepanjang jalan menuju kawasan industri pulo gadung selebaran terus dibagikan. Dalam selebaran yang mereka bagikan, mereka tidak hanya menuntut kenaikan upah DKI Jakarta sebesar 3,7 juta, tetapi juga menolak inpres tentang upah (yang baru saja dikeluarkan presiden) dan pengendalian harga-harga kebutuhan pokok yang semakin tinggi. Di kawasan pulogadung mereka berkeliling memutari kawasan sambil orasi bergantian.

Dalam tema-tema orasi yang disampaikan, setiap organisasi menyatakan kesiapannya untuk melakukan mogok nasional pada 28, 29 dan 30 Oktober sambil menyerukan kepada massa buruh yang berada di pabrik-pabrik untuk mempersiapkan diri. Setelah membagikan selebaran mereka kemudian bergerak menuju Kemenakertrans hingga sore hari.(rsd)

923 total views, 1 views today

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment