Puluhan Ribu Pekerja Afrika Selatan Demo Kenaikan Upah

Demo AfrikaPuluhan ribu pekerja konstruksi dan bandara Afrika Selatan telah melakukan mogok atas upah dan kondisi kerja. Pada hari Senin, sekitar 90.000 pekerja konstruksi di industri pertambangan berhenti bekerja untuk menuntut kenaikan 13 persen gaji.

Pada hari yang sama, Kongres Serikat Buruh Afrika Selatan (COSATU) mengeluarkan pernyataan yang mengatakan, “Mereka tidak bisa.. karena alasan kemiskinan dan harus berbagi keuntungan mereka dengan pekerja yang memiliki risiko kehidupan dan anggota tubuh setiap hari di salah satu lingkungan kerja yang paling berbahaya.”

Juga pada hari Senin kemarin, juru bicara Transportasi Afrika Selatan dan Uni Sekutu Pekerja Vincent Masoga mengeluarkan pernyataan yang mengatakan 1.300 teknisi perawatan pesawat melakukan pemogokan untuk menuntut kenaikan upah 12 persen.

Sektor pertambangan Afrika Selatan telah lumpuh oleh serangkaian pemogokan liar selama penambang berupah rendah sejak Agustus 2012.

Puluhan orang sejauh ini telah tewas dalam kekerasan terkait pemogokan.

Pada Februari 2013, penjaga keamanan Afrika Selatan ditembak mati di luar penambang Amplats Siphumelele di kota barat laut Rustenburg menyusul bentrokan antara faksi-faksi saingan serikat.

Pada bulan Juni, Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma menyerukan dialog antara semua pemangku kepentingan di sektor pertambangan dan mengatakan, “Semua stakeholder, pemerintah, manajemen di sektor pertambangan, gerakan serikat buruh pada khususnya harus berbicara dan menemukan cara untuk menangani masalah ini.”

Presiden Afrika Selatan mengatakan bahwa stakeholder memiliki kapasitas untuk membahas dan menyepakati tentang masalah, termasuk pemogokan dan bentrokan mematikan yang dihadapi oleh industri pertambangan.

Sumber : Wartanews

886 total views, 1 views today

Share this post:

Related Posts

Ayo Berlangganan Koran Arah Juang

Leave a Comment